RPP BERKARAKTER kelas i
SDN KEBONSARI 03 TUBan
Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah : SDN KEBONSARI 03 TUBAN
Tema : Diri Sendiri
Kelas/Semester : I / 1
Alokasi Waktu : 3 minggu
Standar Kompetensi :
1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling
menghormati dalam kemajemukan keluarga.
2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara
perawatannya.
3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.
4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.
5. Bahasa Indonesia :
· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.
· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.
· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.
· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Mengapresiasi karya seni rupa.
· Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.
Kompetensi Dasar :
1. IPS :
· Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.
2. IPA :
· Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.
3. PKN :
· Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.
4. Matematika :
· Membilang banyak benda .
· Mengurutkan banyak benda.
5. Bahasa Indonesia :
· Membedakan bunyi bahasa.
· Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.
· Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.
· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.
· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.
6. Seni Budaya dan Keterampilan :
· Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.
· Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..
I. Tujuan Pembelajaran** :
· Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.
· Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.
· Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.
· Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.
· Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.
· Siswa dapat menyebutkan banyak benda.
· Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.
· Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.
· Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.
· Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.
· Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.
· Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.
· Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.
· Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.
· Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.
· Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.
· Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.
· Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.
· Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :
· Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.
· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.
· Hidup rukun dalam perbedaan
· Oprasi hitung.
· Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.
· Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.
· Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.
· Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.
· Membuat karya kerajinan .
III. Metoda Pembelajaran :
· Ceramah
· Diskusi.
· Tanya jawab.
· Demontrasi.
· Pemberian tugas.
untuk versi word bisa di download di link berikut:
No comments:
Post a Comment