RPP BERKARAKTER BUDI PEKERTI KELAS I

RPP BERKARAKTER kelas i

SDN KEBONSARI 03 TUBan




Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran

(RPP) Tematik

Nama Sekolah : SDN KEBONSARI 03 TUBAN

Tema : Diri Sendiri

Kelas/Semester : I / 1

Alokasi Waktu : 3 minggu

Standar Kompetensi :

1. IPS : Memahami identitas diri dan keluarga serta sikap saling

menghormati dalam kemajemukan keluarga.

2. IPA : Mengenal anggota tubuh dan kegunaannya serta cara

perawatannya.

3. PKN : Menerapkan hidup rukun dalam perbedaan.

4. Matematika : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 20.

5. Bahasa Indonesia :

· Mendengarkan : Memahami bunyi bahasa, perintah dan dongeng yang dilisankan.

· Berbicara : Mengungkapkan fikiran, perasaan, dan informasi secara lisan dengan perkenalan dan tegur sapa, pengenalan, benda dan fungsi anggota tubuh, dan deklamas.

· Membaca : Memahami teks pendek dengan membaca nyaring.

· Menulis : Menulis permulaan dengan menjiplak menebalkan, mencontoh, melengkapi, dan menyalin.

6. Seni Budaya dan Keterampilan :

· Mengapresiasi karya seni rupa.

· Mengekspresikan diri melalui karya seni rupa.

Kompetensi Dasar :

1. IPS :

· Mengidentifikasi identitas diri , keluarga, dan kerabat.

2. IPA :

· Mengenal bagian-bagian anggota tubuh dan kegunaannya serta cara perawatannya.

3. PKN :

· Menjelaskan perbedaan jenis kelamin, agama, dan suku bangsa.

4. Matematika :

· Membilang banyak benda .

· Mengurutkan banyak benda.

5. Bahasa Indonesia :

· Membedakan bunyi bahasa.

· Memperkenalkan diri dengan bahasa yang santun.

· Mendeskripsikan benda-benda sekitar dan fungsi anggota tubuh dengan kalimat sederhana.

· Menjiplak berbagai bentuk gambar, lingkaran dan bentuk huruf.

· Menebalkan berbagai bentuk gambar, lingkaran, dan bentuk huruf.

6. Seni Budaya dan Keterampilan :

· Mengidentifikasi unsur rupa pada benda alam sekitar.

· Mengekspresikan diri melalui teknik menggunting / menyobek..

I. Tujuan Pembelajaran** :

· Siswa dapat memperkenalkan diri, menceritakan anggota keluarga yang ada di rumahnya.

· Siswa dapat menunjukkan bagian-bagian anggota tubuhdan kegunaannya.

· Siswa dapat menjelaskan dan membiasakan merawat tubuhnya.

· Siswa dapat menjelaskan cirri-ciri fisik dari laki-laki dan perenpuan.

· Siswa dapat menyebutkan kegiatan dan permainan yang dilakukan oleh laki-laki dan perempuan.

· Siswa dapat menyebutkan banyak benda.

· Siswa dapat membandingkan dua kumpulan benda.

· Siswa dapat membaca dan menuliskan lambing bilangan.

· Siswa dapat mengurutkan bilangan dengan pola teratur.

· Siswa dapat membilang loncat 2, 3 dan 4.

· Siswa dapat mencocokan informasi dengan gambar.

· Siswa dapat menyimak cerita dari gambar seri.

· Siswa dapat mendengarkan dan menyanyikan lagu.

· Siswa dapat menyebutkan identitas diri dengan bahasa yang santun.

· Siswa dapat menyebutkan cirri-ciri suatu benda.

· Siswa dapat menjiplak dan menebalkan huruf, gambar.

· Siswa dapat menyalin/mencontoh huruf, suku kata dan kata.

· Siswa dapat menggambar dari serangkaian titik, garis membentuk karya dua dimensi.

· Siswa dapat membuat benda karya mainan dengan teknik menyobek dan menggunting.

v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )

Tekun ( diligence )

Tanggung jawab ( responsibility )

Ketelitian ( carefulness)

Kerja sama ( Cooperation )

Toleransi ( Tolerance )

Percaya diri ( Confidence )

Keberanian ( Bravery )

II. Materi Ajar ( Materi Pokok ) :

· Identitas diri, keluarga dan kekerabatan.

· Bagian-bagian anggota tubuh, kegunaan dan cara perawatan.

· Hidup rukun dalam perbedaan

· Oprasi hitung.

· Tanggapan secara nonverbal terhadap informasi yang didengar.

· Kalimat sederhana untuk memperkenalkan diri.

· Penulisan huruf, kata dan kalimat sederhana.

· Berbagai jenis dan ukuran unsure rupa dua dimensi pada berbagai benda.

· Membuat karya kerajinan .

III. Metoda Pembelajaran :

· Ceramah

· Diskusi.

· Tanya jawab.

· Demontrasi.

· Pemberian tugas.




untuk versi word bisa di download di link berikut:

1-RPP BERKARAKTER BUDI PEKERTI

No comments:

Post a Comment

Hasil Pencarian